Selasa, 24 Maret 2015

TUGAS 1 ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI

TUGAS 1 ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan "etika" secara umum dan berikan contoh penerapan "etika" dalam teknologi sistem informasi !
2. Apa tujuan dari penerapan "etika" dalam teknologi sistem informasi? Jelaskan !
3. Jelaskan "etika" apa yang harus diperhatikan bagi pembuat , pengembang dan pengguna teknologi sistem informasi !

jawaban : 
1. Istilah etika secara umum merujuk pada baik buruknya perilaku manusia. Etika juga diartikan sebagai aturan moral yang membedakan apa yang benar dan apa yang salah dari macam-macam tingkah laku manusia. Etika adalah bidang normatif yang menegaskan secara tegas batas-batas wilayah antara apa yang seharusnya dan apa yang tidak seharusnya dilakukan. Etika bisa diartikan juga sebagai ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami manusia.
contohnya adalah seorang programmer tidak bisa atau tidak boleh membuat program dengan semaunya, ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti untuk apa program ini dibuat kepada klien atau user yang paling penting adalah sistem keamanan yang harus terjamin untuk mencegah dari gangguan hacker atau cracker.

2. - meningkatkan mutu profesi dunia IT
    - sebagai standar untuk menetapkan tanggung jawab terhadap klien
    - meningkatkan layanan terhadap klien di atas keuntungan pribadi
    - etika menjadi dasar pijakan pengembangan instrument, tujuannya adalah jelas bahwa etika ditujukan sebagai dasar pijakan atau patokan yang harus ditaati dalam teknologi informasi untuk melakukan proses pengembangan instrument.

3.  etika untuk pembuat TSI : pembuat adalah orang yang menciptakan teknologi sistem informasi, biasanya adalah lembaga besar dengan para ahli-ahli teknologi di beberapa bidang namun tidak menutup kemungkinan dilakukan secara individu. Dalam membuat teknologi informasi tentu harus memperhatikan etika IT yaitu tidak menjiplak atau mengambil ide dari orang lain secara ilegal, salah satu contohnya adalah dimana apple menggugat samsung dikarenakan bentuk produk yang dimilik samsung menyerupai bentuk produk apple.
    etika untuk pengembang TSI : etika untuk pengembang contoh nya adalah dengan merahasiakan data client nya agar tidak diketahui publik.
    etika pengguna TSI : etika bagi pengguna ialah tidak menggunakan aplikasi bajakan yang dapat merugikan pembuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar