1. Jelaskan menurut pendapat
masing-masing faktor-faktor yang mempengaruhi layan telematika dapat dengan
mudah diakses?
2. Bagaimana peranan layanan telematika
dalam berbagai bidang? Berikan contoh layanan telematika dalam bidang
pendidikan?
3. Hal-hal apa saja yang harus
dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika? Jelaskan!
4. Apa fungsi dari telematika? Jelaskan
!
JAWABAN
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi layanan Telematika
diantaranya Faktor Layanan Informasi dan akses jaringan artinya semakin banyak
informasi yang bisa diakses mempengaruhi layanan telematika tersebut.
Kemudian ada Faktor Keamanan yang merupakan layanan telematika yang
menyediakan keamanan informasi dan keutuhan data. Terakhir adalah faktor
sumber daya tentunya sumber daya yang menggunakan layanan telematika harus
memadai karna peranan sumber daya sangat penting dalam telematika.
2. Layanan Telematika sangat berperan dalam berbagai bidang, seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, sudah banyak penggunaan layanan telematika di berbagai bidang salah satunya dalam bidang pendidikan sendiri layanan telematika yang sudah digunakan dan sering kita dengar adalah penggunaan Sistem E-learning pada sekolah-sekolah atau pada tingkat perguruan tinggi. E-learning sendiri adalah proses sistem untuk mempermudah belajar mengajar antara murid atau mahasiswa dengan pengajar dengan adanya teknologi ini guru atau pengajar tidak perlu bertatap muka untuk menyampaikan materinya. Bagi mahasiswa, layanan telematika yang paling penting adalah studentsite karena di studentsite semua keperluan mahasiswa bisa diakses seperti jadwal kuliah, IPK, dan keperluan lainnya sehingga mahasiswa tidak perlu repot-repot untuk ke kampus.
3. Hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika adalah dengan menggunakan Teknologi Informasi sesuai dengan kebutuhan jangan lakukan hal-hal yang tidak terlalu penting seperti bermain game karena hal tersebut akan menyebabkan kecanduan lalu cara lainnya adalah dengan memblokir halaman-halaman yang tidak bersifat edukatif dan yang terakhir adalah tidak menggunakan Teknologi Informasi untuk berbuat kejahatan dan membuat kebijakan seperti aturan dari penggunaan akses Teknologi Informasi sesuai hokum yang berlaku di kementrian komunikasi dan informatika.
4. Fungsi Telematika tentunya sebagai penjembatan informasi
yang luas dan kemudahan akses , penggunaaan telematika diharapkan dapat
mencerdaskan masyarakat dengan berbagai informasi yang bermanfaat sesuai dengan
kebutuhan masyarakat dalam mengakses informasi. akan lebih mudah untuk
mengetahui perkembangan informasi melalui layanan telematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar